Analisys, Konseptor, Business Planner, & Architect
IT Solution Architect & Forex Trader

AKBAR ARCHITECT
#OneStop new innovation creating

#RUKO dERICI - DESIGN ELEGAN FUTURISTIK MUARADUA OKU SELATAN

Ruko dERICI
OKU Selatan

LOKASI
Design RUKO  dERICI akan dibangun berada di jalan Ahmad Yani Muaradua Ogan Komering Ulu Selatan. Pemiliknya atas nama Deni anak dari kepala camat Muaradua, beliau mempunyai anak bernama Nathan dERICI.

LEBAR TANAH 10 METER
Dengan tanah berdimensi 10×20 meter tentu kebanyakan orang akan memilih fungsi komersial khusus area bawah karena lebar tanah hanya 10 meter. Mungkin bagi mereka yang belum mengetahui menjadi suatu kelumrahan mengingat lebar tanah yang menurut mereka tidak memungkinkan. Berbeda cerita jika tanah sangat lebar dan luas tentu sebagian orang akan menyisihkan fungsi area mana yang publik dan yang private.

TANAH CURAM
Kondisi tanah existing sangat curam dan terjal, secara struktur bangunan pasti akan sangat mahal dibanding dengan tanah datar, kira-kira kedalaman man tanah 20 sampai 40 meter. Hal yang menantang untuk menjadikan bangunan rumah dan toko yang unik berbeda dengan yang lain.

KOTA KECIL NAN INDAH DIUJUNG PEGUNUNGAN
OKU Selatan adalah kabupaten di provinsi Sumatera Selatan dengan wisata unggulan danau Ranau. Daerah ini memang merupakan areal perbukitan dan dikelilingi pegunungan, dan muara dua adalah kota dari kabupaten Oku Selatan.

DILEMA ATAU TIDAK TAHU
Sepanjang jalan mulai dari kota Muaradua sampai area pedesaan sudah banyak bangunan ruko ruko dan area komersial lainnya, sudah merupakan hal biasa mendirikan sebuah bangunan di atas tanah curam karena rata-rata di daerah ini adalah perbukitan dan pegunungan.
Sayangnya semua bangunan kurang dimanfaatin secara fungsional membuat sesuatu yang dilema antara rumah tinggal atau bangunan komersial khususnya di sejajaran pinggir jalan. Banyak bangunan komersil yang menyampingkan aksesbilitas dan kemudahan parkir para pengunjung, walaupun ada mungkin lahan parkirnya hanya dibuat di di depan area komersil atau toko itupun outdoor. Tentunya juga akan mengganggu parkir para pengunjung.
Bisa saja ini merupakan ketidaktahuan para pemilik bangunan, atau mungkin sudah tahu tapi cuek akan pentingnya fungsi si bangunan privat dan publik serta kenyamanan aksebilitas, bisa jadi juga tidak pernah muncul ide yang berbeda walaupun dari seorang profesi arsitek seperti saya.

PIONEER dan Icon HURUF d”
Ruko dERICI merupakan Pioneer dan percontohan fungsi bangunan komersil plus hunian di Muaradua Oku Selatan tanpa menyampingkan fungsi dan kebutuhan dari masing-masing pengguna. Fasilitas parkir yang terpisah antara pemilik atau penghuni dengan parkir publik atau pengunjung.
Fasad atau tampak ruko juga berbeda daripada yang lain hal yang tidak pasaran, dengan ikon berasal dari nama pemiliknya yaitu huruf d yang ditransformasikan menjadi desain fasad bangunan elegan simple futuristik.

SEMI BASEMENT
Khusus area parkir semi basement memang tidak murah dan sedikit lebih mahal dibanding difungsikan hanya ruangan saja. Namun dengan konsep semi basement tersebut maka harga yang lebih mahal sedikit akan terbayar dengan fungsi parkir dan aksebilitas pemilik, tidak hanya sementara melainkan seterusnya akan digunakan.
Tentu akan menjadi nilai yang berharga dan seterusnya berharga daripada ruangan bawah hanya berfungsi sebagai ruangan biasa, apalagi mau difungsikan sebagai semi basement (parkir mobil) atau tidak tentu biayanya juga sangat mahal mengingat struktur kondisi eksisting yang curang tersebut, betul kan?

PAGAR TRALIS SATU-SATUNYA DI DUNIA :smile:
Rata-rata pagar tralis bangunan rumah bentuknya memanjang dengan tinggi 1 sampai 2 m. Biasanya yang membedakan kebanyakan pagar teralis hanya ornamen dan pernak-perniknya. 
Untuk desain pagar tralis ruko dERICI dibuat sangat berbeda pada umumnya, sebenarnya pagar tralis ini bukan satu-satunya di dunia, pasti sudah ada yang memakainya walaupun hanya hitungan jari, hanya saja menset yang tertanam difikiran banyak orang ya yang namanya pagar tralis ya itu-itu aja, akhirnya dari zaman Indonesia merdeka sampai saat ini bentuk pagar teralis tidak pernah berubah.

Mungkin satu-satunya alasan pagar teralis dibuat dengan desain begitu saja alias pada umumnya yaitu itu harga yang murah. Ini sangat betul dan tidak salah. Karena hampir hukum alam di dunia ini ada harga ada rupa, apapun benda itu, mulai dari baju fashion, mobil, handphone dan yang lainnya.
Jadi harga lebih mahal akan terbayar dengan rupa yang lebih bernilai.

AMANKAH?
Lalu apakah pagar tralis desain seperti ini aman? jangan-jangan anak kecil bisa masuk dan melompat keluar?
Jawabannya tentu sangat aman selama dirancang dengan dimensi khusus dan ketat seperti dimensi pagar teralis pada umumnya. Dalam artian rancangan pagar teralis ini dirancang tanpa celah ruang/space antar Batang besi yang lebar, maksimalnya kepala anak kecil pun tidak bisa masuk maupun keluar

Semoga pemiliknya suka desain bangunan ruko ini dan bisa direalisasikan sampai tahap pembangunan selesai.

Salam, Akbar Architect

Lihat lebih banyak portofolio di home website atau link dibawah

#VIDEO RUKO dERICI - DESIGN ELEGAN FUTURISTIK MUARADUA OKU SELATAN